Kurikulum dan Kompetensi Lulusan

Kurikulum dan Kompetensi Lulusan

1. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Agama Islam

  1. Profil Lulusan
  2. Profil  Utama Lulusan

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah PENDIDIK mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SEKOLAH/MADRASAH (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

  1. Profil Tambahan Lulusan (dipilih)
  2. Peneliti Pendidikan Agama Islam
  3. Konselor Pendidikan Agama Islam di sekolah dan Madrasah
  4. Trainer Pendidikan Agama Islam
  5. Pemimpin sosial-keagamaan di sekolah/madrasah dan masyarakat
  6. Jurnalis Pendidikan Agama Islam
  7. Desainer Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
  8. Sosiolog Pendidikan Agama Islam
  9. Intrepreneur Pendidikan Agama Islam
  10. Juru Dakwah Pendidikan Agama Islam

 

  1. Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
  2. Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

DESKRIPSI UMUM

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 PADA PROGRAM S1
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.Deskripsi Spesifik :

  1. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara proseduralDeskripsi Spesifik :

  1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
  2. Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas,  mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
  3. Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  4. Menguasai konsep integrasi  keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.
Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu  memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.Deskripsi spesifik :

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekoah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan
  2. Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan  peserta didik
  3. Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta  isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.Deskripsi spesifik :

  1. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.
  2. Mampu  menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

 

  1. Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
  1. Profil Lulusan
  2. Profil  Utama Lulusan

Profil utama lulusan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam adalah menjadikan tenaga broadcasting, jurnalistik dan dakwah yang profesional yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

  1. Profil Tambahan Lulusan (dipilih)
  2. Peneliti Komunikasi Penyiaran Islam
  3. Dai dan Daiyah di masyarakat
  4. Trainer komunikasi penyiaran islam
  5. Pemimpin sosial-keagamaan di masyarakat
  6. Jurnalis
  7. Desainer komunikasi penyiaran Islam
  8. Intrepreneur komunikasi penyiaran Isla

 

2. Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)

  1. Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

DESKRIPSI UMUM

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 PADA PROGRAM S1
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.Deskripsi Spesifik :

  1. Mampu menerapkan teori-teori komunikasi dan penyiaran Islam di tengah-tengah kehidupan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu memanfaatkan keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah broadcasting, jurnalistik dan dakwah
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas broadcasting, jurnalistik dan dakwah di masyarakat
Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara proseduralDeskripsi Spesifik :

  1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan komunikasi penyiaran Islam secara mendalam.
  2. Menguasai substansi kajian keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam (Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas,  mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
  3. Menguasai teori-teori broadcasting, jurnalistik dan ilmu dakwah dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam menjalankan tugas di masyarakat.
  4. Menguasai konsep integrasi  keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam komunikasi penyiaran Islam.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan broadcasting, jurnalistik dan ilmu dakwah dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam di tengah kehidupan masyarakat.
Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu  memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.Deskripsi spesifik :

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam implementasi komunikasi penyiaran Islam berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan
  2. Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah berbagai pemecahan masalah Komunikasi penyiaran Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan
  3. Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta  isu-isu kontemporer dalam komunikasi penyiaran islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.Deskripsi spesifik :

  1. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas boadcasting, jurnalistik dan juru dakwah yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.
  2. Mampu  menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas broadcasting, jurnalistik dan juru dakwah dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

 Download Kurikulum KKNI Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Bengkulu